Friday, June 27, 2014

Marhaban Ya Romadhon

Assalamualaikum Dear,

Alhamdulillah sebentar lagi kita dihadapkan pada Bulan Suci yang penuh berkah, bulan limpahan pahala, bulan dimana tidur pun bernilai ibadah. Subhanallah

Ramadhan tahun ini adalah 1435H, seperti biasa sepertinya ramadhan tahun ini hari pertama puasa mengalami perbedaan antara Muhamaddiyah dan pemerintah. Kali ini tak mau bahas masalah perdebatan ah, saya kali ini mau sharing tentang apa yang saya dapat saat keputrian Muslimah tadi oleh Ustadzah Fathiyah Khotib.Lc. Alhamdulillah, setiap hari kamis di kantor saya selalu diadakan kajian keputrian muslimah. Disana bisa mendapatkan siraman rohani dan juga bisa sharing. Tidak hanya masalah fikih dan agama saja tapi juga mengenai masalah parenting. Ustadzah yang diundang Alhamdulillah memiliki kredibilitas dibidangnya masing-masing jadi sangat mumpuni untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak kita.

Kali ini temanya tentang "Bagaimana Puasa Kita Berbuah Takwa". Apabila kita diberikan kesempatan oleh Allah untuk bertemu bulan Romadhon kembali, rencana kegiatan apa saja yang akan kita lakukan di bulan tersebut? Sudah pasti jawabannya Puasa, Solat Tarawih dan kegiatan ibadah lainnya yang bermanfaat. Biasanya semangat kita di awal bulan puasa itu menggebu-gebu, mesjid dimana-mana penuh bahkan sampai ke lahan parkir. Namun setelah di pertengahan bulan semangat itu mulai luntur, Apalagi biasanya ada acara buka bersama dengan keluarga dan teman-teman sejawat, alhasil semangat tarawih pun mulai kendor. Sangat disayangkan sekali bukan?

Surah Al Baqarah 183
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Menurut surat Quran AL Baqarah 183, Puasa merupakan suatu ibadah yang hanya dijalankan oleh orang yang dipilih oleh Allah, yang percaya akan kuasa Allah dan Puasa juga memberikan ketakwaan. Amalan apa saja yang dilakukan pada saat berpuasa agar menjadi insan yang Takwa? Berikut rinciannya:

1. Salat Tarawih jangan sampai ditinggal
Salat tarawih bisa dilakukan berjamaah ataupun sendiri, jumlah rakaat solatnya yang umum 8 atau 20. Kalaupun kita ikut buka puasa bersama, kita masih bisa melakukannya saat sudah kembali ke rumah. Semangat!

2. Perbanyak Solat Sunah
Pada bulan Romadhon ini solat sunah pun pahala nya sama dengan menunaikan ibadah solat wajib. So, jangan lupa ya untuk melaksanakan solat witir, solat dhuha, solat hajat dan solat sunah rawatib.

3. Tilawah Quran
Perbanyak bacaan Quran, kalau bisa satu bulan 1 Juz. Biasanya untuk wanita agak sulit melakukan ini, maka untuk mengejar apabila sedang halangan bisa dikejar 1 hari dengan 1,5-2 Juz. In syaa Allah setiap huruf quran yang dibaca bernilai pahala.

4. Rutin Sedekah
Pada bulan puasa ini pun juga sangat dianjurkan sedekah, 1ribu/hari, 5ribu/hari atau berapapun yang penting rutin. Oh iya ustadzah fathiyah juga menyarankan apabila sedang tidak berpuasa maka berikan makanan kepada yang berpuasa. In syaa Allah juga mendapatkan pahala orang yang berpuasa. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Yipipiiii!

5. Kejar Lailatul Qadar
Untuk ibadah yang satu ini dilakukan pada 10 terakhir romadhon atau malam-malam ganjil yaitu malam ke 21, 23, 25, 27 atau 29. Ibadah ini pahalanya sama dengan mengejarkan ibadah selama 1000 bulan. Subhanallah sekali, bahkan menurut ustadzah malam ini bisa mengubah takdir seseorang karena pada malam ini malaikat sedang naik turun mengabulkan doa-doa kita ke langit. Ibadah yang lazim dilakukan yaitu i'tikaf di masjid. Namun biasanya untuk para ibu rumah tangga agak kesulitan melakukan hal ini, oleh karena itu tetap dahulukan kewajiban untuk mengurus suami dan anak.

Jangan lupa siapkan perlengkapan hari raya sebulan sebelum puasa, sepeti kue lebaran atau baju lebaran. Supaya saat puasa tidak memikirkan untuk ke mall atau belanja ke tanah abang di siang hari karena godaannya begitu banyak. Kalau memang terlupa atau tidak sempat bisa menggunakan alternatif belanja online. Seperti contohnya Zalora , disana kita bisa memilih koleksi kaftan dari zalora untuk persiapan hari raya kita nanti. Tidak hanya pakaian namun ada juga aksesoris wanita dan perlengkapan untuk pria. Jadi tidak perlu panas-panasan di mall.

Sekian sharing kajian keputrian kali ini, semoga di bulan puasa ini kita mendapatkan ketakwaan dan semangat untuk beribadah lebih baik lagi. Aamiin ya Robbal Alaamiin.

Wassalamualaikum

achazellacious


2 comments:

  1. gakerasa ya udah bulan romadhon lagi .. banyak mengaji kalau perlu hatam sebulan ini .hehe

    ReplyDelete
  2. artikel anda sangat menarik,terimakasih..

    ST3 Telkom

    ReplyDelete