Monday, June 9, 2014

Godaan Wanita yaitu BOROS!!

Assalamualaikum deary,

Alhamdulillah sudah memasuki usia kehamilan 6 bulan, sudah merasakan gerakan bayi yang semakin aktif. Perut masih belum terlalu buncit tapi kalau naek Commuter Line uda PD aja bilang "Saya lagi hamil" hehehe . Komentar-komentar mengenai perut saya yang masih kecil ini bermacam-macam ada yang bilang kalau calon bayi saya ini kemungkinan laki-laki, ada yang bilang pinggang saya panjang, malah ada juga yang bilang *menurut saya ini paling menyakitkan* kalau  saya kurang makan dan gizi. hmmm yasudahlah ya saya senyumin aja daripada jadi stress nanti terbawa ke calon bayi :)

By the way, judul postingan di atas ini timbul begitu saja saat saya lagi mikirin belanja buat kebutuhan bayi. Suatu hari teman saya yang istrinya sedang hamil 7 bulan bercerita kalau dia dan istrinya habis belanja buat kebutuhan calon bayi nya hingga mencapai 3 juta rupiah itupun masih kurang dan masih ada yang perlu dibeli. Alamak, banyak nian pikirku

Mungkin yang namanya wanita itu bakal semangat banget sama yang namanya belanja, hang out, jalan-jalan terutama ke mall. Apalagi ada yang bayarin a.k.a suami si atm berjalan. Tapi yang namanya rejeki ga ada yang tau, oke kalau hari ini lagi alhamdulillah banyak rejeki nya tapi belum tentu bulan depan *ini untuk yang gajinya bulanan ya cin* bakal makmur kaya bulan ini. Ditambah lagi kalau uangnya itu digunakan untuk ke dokter kandungan yang alhamdulillah bikin kantong kempes kalau abis dari sana :(( tapi ya gapapa lah demi liat yang tersayang apa juga rela *sambil elus-elus dompet*.

Walaupun saya dan suami sama-sama bekerja tapi alhamdulillah selalu PAS kebutuhannya. PAS disini dikatakan karena setiap gajian disisihkan untuk kredit rumah, tabungan biaya persalinan my baby dan kebutuhan selama sebulan. Well, selama hamil 4bulan pertama saya jarang masak karena masalah hormonal mual muntah jadi membengkaklah biaya bulanan kami. Tapi Alhamdulillah kok yang penting masih bisa makan enak karena calon bayi kadang suka minta makanan di restaurant yang budgetnya 100ribu *ini mau ibu nya juga sebenarnya* hehehe. Apa juga harus disyukuri biar Allah tambah lagi rejekinya, Aamiin

Hal yang menjadi perhatian saya itu, apa boleh ya kita BOROS?

Boleh aja asal menyisakan buat tabungan,
Boleh saja ga setiap saat ini Boros nya, 
Boleh boleh kok mumpung masih single nikmatin dan puas-puasin lah uang dari jerih payah sendiri ini.
Boleh asal hati senang, pikiran stress hilang :D

dan masih banyak alasan lainnya yang menjadi pembelaan kita terhadap sifat jelek yang satu ini. 

Yuk ada satu ayat Al-Quran yang mengusik pikiran saya.
وَلا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isro’: 26-27).
Mujahid mengatakan, “Seandainya seseorang menginfakkan seluruh hartanya dalam jalan yang benar, itu bukanlah tabdzir (pemborosan). Namun jika seseorang menginfakkan satu mud saja (ukuran telapak tangan) pada jalan yang keliru, itulah yang dinamakan tabdzir (pemborosan).”

Qotadah mengatakan, “Yang namanya tabdzir (pemborosan) adalah mengeluarkan nafkah dalam berbuat maksiat pada Allah, pada jalan yang keliru dan pada jalan untuk berbuat kerusakan.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 8: 474-475).

Naudzubillah, saya tidak mau jadi temannya setan :((

Penyakit boros ini biasanya diderita oleh kaum hawa yang sudah termakan fashion dan gaya hidup. Terlebih lagi kalau lingkungannya juga menerapkan gaya hidup ini hmmm makin banyak godaannya. Dan setelah mengetahui kalau nanti bakal punya teman setan ya mendingan berubah aja kali ya. Mulai hamil bulan ke 5 mulai bawa bekal ke kantor, walaupun cuma nasi sama telor ceplok dan sayurnya beli di kantin kantor. Pastinya kalau libur saya mulai masak lagi agar lebih hemat pengeluaran belanjanya. Untuk keperluan bayi seperlu nya saja yaitu keperluan yang dibutuhkan saat dia baru lahir ke dunia. Walaupun ini calon anak pertama yang memang semuanya belum dia miliki, yang mana kesempatan banget untuk memanjakkan si buah hati tapi in syaa Allah akan saya biasakan untuk lebih bijaksana menggunakan uang. Rencananya belanja saat usia kandungan 7-8 bulan deh biar fokus sama puasa dulu :)

Bukan Pelit ya, tapi ga Boros, 

Bismillah, semoga berhasil menahan godaan syetan untuk beli yang macem-macem :) ngomong-ngomong sampai saat ini saya belum beli baju khusus ibu hamil malahan masih pake baju kemeja yang kancing bawahnya uda pada meletet saat dikancing, hehe ketawan deh iritnya. Sekarang lagi bikin gamis yang cucok buat ibu hamil dan menyusui biar ga dua kali keluar uang lagi :)

sekian ah, waktunya kerja lagi.

Wassalamualaikum
achazellacious

No comments:

Post a Comment