Wednesday, October 9, 2013

3 Tips Menumpang/Membonceng Sepeda Motor Khusus Wanita

Assalamualaikum,

Alhamdulillah tiba juga bulan oktober, dimana dua bulan lagi akan memasuki tahun baru 2014. Aamiin. Semoga resolusi di tahun lalu bisa terwujud di sisa tahun ini.

Belakangan ini saya sering mendengar kabar tentang kecelakaan yang dialami seorang muslimah dikarenakan rok/gamis yang dikenakan tersangkut di jeruji/terali ban motor :(( . Malah di kasus terakhir muslimah tersebut harus dirawat dan menelan biaya puluhan juta rupiah. Astagfirullah. ada juga kasus lainnya disini

Dalam kecelakaan-kecelakaan tersebut sering sekali disebabkan karena wanita yang diboncengi motor duduk dibelakang dengan miring, tidak duduk semestinya seperti si pengendara. Alhasil apabila menggunakan rok/gamis yang panjang ditambah lagi lebar maka sangat mungkin tragedi tersebut terjadi. Wallahu'alam

Saya membuat postingan ini ingin memberikan tips mengendarai/menumpang motor yang biasa saya lakukan. Dengan cara ini insya Allah aman. Dan agar muslilmah yang ingin berhijrah tetap mempertahankan rok/gamisnya dalam kondisi apapun.

1. Gunakan Rok/Gamis yang lebar bawahnya tidak terlalu lebar

*ngerti tidak ya apa maksudnya? hehehe* Pilih rok/gamis yang lurus-lurus saja, tidak perlu rampel-rampel begitu. Karena kalau yang rok/gamis nya punya bawahan yang lebar maka potensi untuk tertiup angin lebih besar.

rok lebar bawah
rok lebar bawah

rok lebar lurus (tidak terlalu lebar)
gamis lebar bawah


gamis lebar lurus

2. Duduknya tidak miring (duduk seperti yang mengendarai)

Apabila cuma punya rok/gamis yang lebar yasudah duduknya jangan miring seperti dibawah ini.

sumber foto : http://appwi.wordpress.com/2012/05/25/akhwat-hati-hati-dengan-jilbab-mu/

tapi duduklah seperti ini,


Q : Loh kalau duduknya seperti ini kan jadinya membentuk lekuk tubuh?? bagaimana tuh?
A : liat tips ke 3 yuk :p


3. Pakai Celana yang tidak ketat

Yang dimaksud dengan celana ketat yaitu seperti legging atau jeans dan sejenisnya. Celana ketat untuk wanita itu berbahaya loh shalihat, bisa dilihat picture dibawah ini. Selain tidak baik untuk rahim juga bisa membentuk lekuk tubuh. Walaupun hanya dipakai sebagai dalaman rok/gamis namun waspada harus selalu diutamakan.


Kemudian apa yang harus dikenakan sebagai dalaman rok/gamis saat tersingkap. Gunakanlah celana yang lebar, sepeti celana aladin dan celana training. Kalau saya sih pakai celana training zaman saya dan adik waktu SMA dulu, hehehe.

celana aladin

celana training

Q : kalau celana training kan lebar, nah kalau ketarik-tarik ke atas seperti gambar dibawah ini bagaimana?? jadi terlihat aurat kita kan,,  kalo legging ga akan ketarik-tarik *stabil*.
A : Nah, berarti legging mu ketat kan, sampai ngepress dikulit. BAHAYA! kalau saya sih diakalin lagi pake kaos kaki yang panjangnya selutut *macam pemain bola, hehehe*


kaos kaki selutut
Sekian share pengalaman saya menumpang sepeda motor. Dengan adanya tips diatas semoga kita selamat dari tragedi yang dialami oleh kawan-kawan kita. Semoga Allah senantiasa melindungi kita dimana pun kita berada. Aamiin Allahuma Aamiin

Wassalamualaikum,

achazellacious

4 comments:

  1. sangat bermanfaat sekali. ijin share ya mbak Aisyah ..

    ReplyDelete
  2. trimakasih mbak aisyah.. ada satu tambahan tips untuk celana nya nih mbak..
    kalo memang mbak2 dan ibu2 sudah memutuskan untuk pakai rok di daily activity nya, celana2 yang ga kepake, apalagi celana kerja jangan dibuang dulu, palagi itu biasanya kan celana kerja ga nyeplak dan longgar, dan bahannya pasti enak dipakai kan? pakai aja buat inner rok nya, jadi rok yang dipake juga ga nyeplak, barang2 yang kemungkinan baru dibeli ga kebuang percuma juga, dan semua nya aman dan nyaman.. hehehe..
    itu yang saya terapkan sih, celana2 kerja yang kepake itu saya jadiininner, jadi pake rok bahan apapun tetep aman, karna ga akan nyeplak parah kalo kena angin ato pas kena matahari.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba cha, terima kasih uda kasih tipsnya :)

      Delete