Tuesday, March 19, 2013

Beauty inside, Syar’i Outside

Dear Reader,

Alhamdulillah tanggal 23-24 Maret ini, akan ada Musyawarah Nasional Peduli Jilbab yang diadakan tentu saja oleh @pedulijilbab , akun yang bermanfaat dan menyemangati saya untuk berhijab sesuai syariah. Berikut Note dari Mba Angel, cekidoot

Beauty inside, Syar’i Outside




Akun Islami di social media Twitter semakin menjamur. Ada yang bertemakan motivasi, anti JIL, jilbab, teladan rasulullah, shalat, hingga menikah. Tidak hanya dakwah online, tetapi juga offline, sehingga beberapa akun twitter membuat gerakan dalam dakwah keIslamannya. Salah satunya adalah @pedulijilbab yang Amalia D Ramadhini dan saya sendiri Angela R Wardhani yang menjadi foundernya (namun @pedulijilbab adalah milik seluruh muslimah :’)

Berangkat dari keinginan kami berdakwah via social media Twitter, kami mencari tema yang pas dalam membuat akun. Diawali di sebuah kos di Depok, kami mencoba membuat nama akun yang kami usahakan menarik seperti @cantikmubeda namun tidak berkembang dengan baik. Lalu kami mencoba membuat nama yang lebih general dan diinspirasikan dari pengalaman pribadi dan nama sebuah gerakan kewanitaan dalam rohis SMA maka kami memilih nama @pedulijilbab.

Pada awalnya kami melakukan tweet setiap hari dengan cara bergantian. Bermodalkan sambungan internet, kemampuan mengolah kata, ilmu dari buku-buku yang kami miliki, ilmu dari internet yang sumbernya dapat dipercaya, inspirasi di perjalanan, bahkan curahan hati kami. Ternyata @pedulijilbab yang sapaan khas kepada followernya adalah shalihat, mendapat sambutan hangat dari para pengguna twitter. Kami sangat bersyukur pada meningkatnya jumlah follower, komentar dan interaksi yang hangat bahkan menyentuh hati dari saudari-saudari kami. Begitupula interaksi di Facebook, Whatsapp, dan E-mail.

Perkembangan @pedulijilbab membuahkan 3 sub gerakan yaitu #JilbabCare, #JilbabShare, dan #JilbabWear. Dimana #JilbabCare adalah gerakan membagikan jilbab gratis pada saudari yang membutuhkan, #JilbabShare adalah gerakan berupa kajian keilmuan Islami, sarana sharing pengalaman, sekaligus motivasi untuk berjilbab syar’i, dan #JilbabWear adalah penjualan jilbab beli 1 jilbab berarti ikut serta menyumbang 1 jilbab dan seluruh keuntungan digunakan untuk gerakan @pedulijilbab.

Karena rasa ukhuwah yang begitu kuat antara kami dan followers (baca: saudari), maka kami memulai pencarian #TimSPJ (Tim Solidaritas Peduli Jilbab) tahap 1. Antusiasme yang begitu tinggi -- saudari kami selain senusantara juga dari Australia hingga Jeddah -- membuat kami makin mencintai saudari-saudari @pedulijilbab. Kami ingin menyatukan saudari dari berbagai harokah, karena Islam semakin kuat bila kita bersatu, bukan berpecah belah. Karena agenda kewajiban berdakwah masih banyak sehingga jangan disibukkan dengan perbedaan yang justru membuat musuh Islam tertawa.

Pada tanggal 23 dan 24 Maret 2013 @pedulijilbab Insya Allah akan mengadakan Musyawarah Nasional Angkatan 1 yang bertemakan “Beauty inside, Syar’I Outside” yang diikuti oleh 100 muslimah. Tema ini diambil dengan tujuan agar seluruh saudari kami memiliki beauty inside (kecantikan hati, akhlak, dan perilaku) serta syar’i outside (berbusana Islami secara syar’i) yang merupakan identitas sebagai muslimah dan tentu saja memenuhi kewajiban perintah Allah dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab:59 dan An-Nur:31.

@pedulijilbab adalah sebuah mimpi kami yang menjadi kenyataan :’)

@pedulijilbab adalah wadah bersatunya saudari seIslam (seIndonesia, sedunia) :’)

@pedulijilbab adalah gerakan kemuslimahan :’)

@pedulijilbab adalah komunitas muslimah :’)

@pedulijilbab adalah berbagi cerita :’)

@pedulijilbab adalah berbagi ilmu :’)

@pedulijilbab adalah aku, kamu, kita, saudariku :’)



Ana uhibbukum fillah, shalihat :’’)Tak sabar berkumpul dan bertemu :'') 

ditulis oleh : 

Aku pun juga tak sabar berkumpul dan bertemu dengan semua #TIMSPJ nanti, Ya ALLAH mudahkanlah..

No comments:

Post a Comment